Advertising

Minggu, 13 September 2009

Keputihan

Banyak wanita yang mengalami masalah dengan alat kelaminnya yaitu seringnya keluar cairan yang berwarna putih. Biasanya hal ini kita sebut dengan keputihan atau dalam istilah medisnya adalah fluor albus. Keputihan ini sendiri di defenisikan sebagai keluarnya cairan selain darah dari alat kelamin wanita yang melebihi keadaan biasa dan menimbulkan gangguan. Ada empat penyebab utama dari keputihan itu sendiri, yaitu :



1. Fisiologis
Keputihan dapat bersifat fisiologi atau normal-normal saja. Keputihan yang fisiologis ini bisa di dapati pada bayi yang baru lahir, wanita hamil, pada usia aktifitas seksual yang tinggi, dan juga bisa terjadi pada wanita yang terangsang, ataupun pada pasca menstruasi.

2. Faktor konstitusi
Faktor yang kedua adalah faktor konstitusi. Yaitu misalnya faktor kelelahan, stres emosional karena ada masalah dalam keluarga atau pekerjaan,bisa juga karena penyakit yang melemahkan seperti gizi yang rendah ataupun DM atau diabetes mellitus. Bisa juga disebabkan oleh status imunologis yang menurun maupun oleh obat-obatan.

3. Faktor iritasi
Faktor yang ketiga yang bisa menyebabkan keputihan adalah faktor iritasi, seperti iritasi terhadap sabu, iritasi terhadap pelicin, pembilas atau pengharum vagina, ataupun bisa teriritasi oleh celana.

4. Faktor patologis
Faktor yang terakhir adalah faktor patologis atau oleh karena ada suatu penyakit yang bisa menyebabkan terjadinya keputihan. Hl ini hanya bisa di diagnosis oleh seorang dokter.

Jadi, kalau anda seorang wanita yang sering mengalami keputihan cobalah untuk memikirkan kira-kira dari keempat faktor tersebut manakah yang merupakan faktor dari penyebab keputihan yang anda alami.

0 komentar:

Posting Komentar